Minggu, 20 November 2011

Klinik Agro Mina Bahari Selalu di hati


Sabtu itu (19/11) coridor di lantai 2 Gedung Perikanan UGM terlihat ramai, banyak mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Study Fakultas Pertanian -- KAB tengah asyik bercerita, bercengkrama dengan ceria. Mereka terlihat sedang menunggu kegiatan Smart Camp #1 dimulai. Saya menjadi saksi di pagi itu, bahwa KAB yang sekarang sudah jauh lebih maju dari dulu. Pagi itu yang kebetulan saya datang di kegiatan Smart Camp #1 untuk mengantarkan LCD proyektor, merasakan hal yang sangat berbeda, hal yang begitu luar biasa.

Hal yang sangat sepele yang kemudian saya jadikan sebagai indikatornya. KAB sekarang banyak sekali anggotanya. Dari agenda Smart Camp #1 saja lebih dari 25 mahasiswa (kira-kira) yang mengikuti. Ketika dulu saya jadi PH yang kemudian jadi panitia Smart Camp #1 miris rasanya. Kini KAB sudah banyak yang mengenalnya, banyak yang ingin menjadikan rumah tempat belajarnya. Aaa---luar biasa, dan itu bikin saya iri, kembali ingin bergabung dengan KAB. Tapi itu tidak mungkin, karena kita harus berkembang dan meningkat jenjangnya.

Ah, LOVE KAB!! :) Rasanya jadi kangen masa-masa dulu di KAB. Saya akan coba men-share sewaktu saya dan teman-teman menjabat jadi PH KAB. Ini sahabat saya yang dulu kita berjuang bersama di KAB kepengurusan Mbak Mustaqim.


Di KAB saya belajar banyak tentang keilmuan dan intelektual, kompetensi dan kontribusi. Dan satu hal lagi tentang Profesionalitas. Sebagai lembaga yang notabene berkiprah dalam keilmuan tentu mengajak setiap mahasiswa yang bergabung memiliki sebuah kontribusi nyata lewat ilmu dan teknologi yang dikembangkan dari masing-masing potensi yang dimiliki.

Peka dengan lingkungannya, peka dengan masyarakat, peka dengan birokrasi pemerintahannya, dan peka dengan permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Andaikan semua peduli, andaikan semua mengerti, andaikan semua tidak berfikir untuk dirinya sendiri. Mungkin isu krisis air di tahun yang diprediksikan itu bisa dicegah, kejadian banjir bandang  yang sering melanda kota Jakarta itu tidak terjadi lagi, udara panas dan global warming itu tidak akan terjadi.

Banyak yang kemudian jadi PR kita, PR teman-teman KAB, dan teman2 yang cinta akan negeri ini. Banyaknya masalah pada bangsa ini bukan untuk dicaci, bukan untuk dimaki, bukan untuk disesali. Masalah ini ada untuk diperbaiki, dengan kontribusi nyata dari kita sekecil apapun bukti kontribusi nyata kita untuk negeri ini.

Aihh~ We are partner!!
Mari bekerja untuk Indonesia :)

Salam KPK~Kompeten Profesional Kontributif  \m/

2 komentar:

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D