Jumat, 24 Desember 2010

Anda sopan, kamipun SEGAN..

Pukul 14.00
Siang yang begitu cerah dengan mentari merekah sedikit serong kearah barat, aku sedikit leluasa karena hari ini terbebas dari aktifitas praktikum yang lama-lama membuat jenuh dan bosan. Kamar kost-kost’an menjadi tempat paling nyaman hidup di kota orang, bawaanya pengen tiduuur aja kalo udah nyampe’ di kamar. Sembari menghela nafas yang terengah-engah dan tubuh yang berkeringan, aku nyantai sambil tiduran dengan semilir angin dari kipas yang sudah kotor itu..

Pukul 14.38
tak lama kemudian aku teringat laporan fisbiku udah terlalu lama untuk diistirahatkan, sudah telat beberapa hari belum juga kelar, tak pikir panjang aku pergi ke tempat online, browsing, dan chatting.. SUPERNET, warnet favorit yang biasa aku kunjungi. Meskipun tempatnya yang sedikit jauh dari yang lain, tapi aku seneng karena gak perlu waktu panjang untuk menunggu loading. Pergi ke warnet niatnya mau cari literature buat bikin laporan.

Pukul 15.25
Haduu.. lama-lama aku merasakan ketidaknyamanan, setiap aku masukkan keyword di google hasilnya gak sesuai dengan keinginan. “drrrrt…drrrt…” tiba-tiba dikagetkan dengan getar HP yang ada dalam saku celanaku sebelah kiri. aku buka message dari temanku.
“Ri..kamu bantuin aku dong pengamatan dikampus sekarang ya, jatahnya hari ini kamu juga pengamatan! Di lab.pemuliaan, cepet”
Dengan spontan hatiku berkata, huh.. males banget harus ke kampus lagi. Emang gak bisa sendirian po? Aku pun melanjutkan aktivitasku di warnet, dengan pikiran curangku “ah paling dia bisa sendirian!”. Tak lama kemudian HPku bunyi lagi, kalo yang ini SMS dari temenku juga. Orangnya baik, gak sombong, dulu pernah 1 tim juga waktu di lembaga. Orangnya yang familiar, friendly, dan baik hati membuatku terinspirasi, membuatku segan untuk menolak setiap permintaan tolong dari dia.
“ariiii, kok preparatnya belom diamati?!! Hari ini kamu kan yang ngukur panjang akarnya? Kok belom dibongkar?? Cepetan ke kampus!” SMS nya jam 15.43 (tandanya laboratorium akan ditutup beberapa menit lagi). Dengan spontan aku balas SMSnya “ HAH?? Iya iya bentar, aku kesana!”
Gak mikir panjang, aku menghentikan aktivitasku diwarnet segera! Dan langsung pergi ke lab.

Yaa.. buat orang yang selalu baik ke kita, buat orang yang kita segani itu akan membuat kita sendiri yang gak enak ketika akan menolak setiap permintaan tolong darinya. Bahkan kita mikirnya, duuu.. gimana ya bisa minta tolong dia?? Gitu kan..
Yaa.. kayak stiker-stiker yang sering kita liat di pintu, di gerbang, atau bahkan dipagar-pagar rumah orang itu, “Anda sopan, kamipun SEGAN”. Intinya kalo kita pengen dihargai atau dihormati sama orang lain, buatlah mereka segan. Mereka gak kita suruh untuk menghargai, nanti mereka juga akan berbuat sendiri, kalo mereka segan ke kita... dan gak gampang membuat orang lain itu segan ke kita. Kita harus menolong dulu sebelum kita minta tolong, harus menghormati sebelum dia harus menghormati kita. Yaa..melakukannya juga harus tulus dan tidak terpaksa… so, selamat mencoba deh  [bos kecil]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D