Selasa, 16 Agustus 2011

Tentang insomnia

Saya mengenal istilah ini belum lama. semenjak di Jogja sepertinya. tak tau kenapa yang sering saya jumpai insomnia seringnya menyerang mahasiswa. apa karena dia masih muda? apa karena mahasiswa sering mengalami strees dan punya banyak masalah? apa karena banyak fikiran di otaknya? ataukah hanya karena siangnya udah tidur? entah apapun penyebabnya, insomnia bagiku sangat menyiksa. akhir-akhir ini kasus tidur larut malam (sebenernya pagi, tapi kalo larut pagi kedengarannya tidak nyaman di telinga) menjadi masalah yang tidak bisa dipungkiri. sumpah ini beneran menyiksa!!

Menurut PIOGAMA dalam websitenya, insomnia atau gangguan susah tidur itu penyebabnya bermacam-macam Parkinson, sesak nafas, flu, hipertiroid, hipotiroid, hipoglikemi, batuk, gangguan fungsi hepar, gangguan fungsi ginjal, gagal jantung, pikun, hipertensi, dan beberapa penyakit lain. itu yang disebabkan karena penyakit. bisa juga insomnia disebabkan karena depresi, stress berkepanjangan, kecemasan, skizofrenia (gangguan jiwa), hipomania, dan berita buruk atau kegagalan memperoleh sesuatu. huah, komplek sekali yaa.. ini hanya masalah susah tidur!!

Bener kata temen saya, "tidur malam itu tak pernah bisa tergantikan denga tidur siang". sekarang saya merasakan, meskipun tidur siang selama 12 jam untuk mengganti karena malamnya tidak tidur, rasanya akan tetap beda. lemes, letih, lesu.. gak nyaman banget kan. meskipun sudah minum susu, makan pagi, mandi berharap bisa beraktifitas pagi karena malamnya begadang lembur bikin skripsi tetep lemes kata dia. sebisa mungkin memang malam sebaiknya tidur minimal 2-3 jam (minim banget itu). 

Bahkan ada temen saya yang sampai make obat tidur hanya gara-gara insomnia. parah banget kan (T__T), ya ini karena sudah bener-bener tersiksa. sebenernya insomnia bukan karena gak mau tidur tapi karena susah untuk tidur. badan tetep capek. ada beberapa kebiasaan sebenernya yang bisa di lakukan sebagai usaha penyembuhan. yang pertama, susun jadwal harian. pastikan jam berapa kamu maksimal harus tidur. kedua, kalo sudah masuk jadwal tidur usahakan tidak ada lagi aktifitas, matikan komputer (laptop), TV. ketiga, persiapkan tidurmu biar nyaman. tempat tidurnya dibersihin (secara sunnah nabi juga kan diajarkan sebelum tidur alasnya di seblai --baca : dibersihin pake sapu lidi/ kemoceng-- minimal 3 kali), ganti lampu dengan lampu tidur, jangan lupa pipis dulu ;D. buat senyaman mungkin tidurmu.

***
ditulis saat bener2 gak bisa tidur, jam 02.00 lampu udah dimatiin guling2 20 menit tetep aja gak bisa tidur. yaudah nyalain laptop lagi dan sekalian makan sahur. padahal badannya pegel-pegel dan sakit semuaaaa... pengen tiduuur!! ditambah batuk dan pilek aka umbelen. lengkap sudah pokoknya, kepala cenut-cenut (--_____--)~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D