Sabtu, 17 September 2011

Berakhir untuk memulai

Tebs.. hari ini tercatat sebagai hari terakhir saya penelitian skripsi yang  di lapangan. Kurang lebih 3,5 bulan bolak-balik ke lahan buat pengamatan, perawatan, dan lain sebagainya. Lelah, gundah, bahkan susah. Penelitian di lapangan (red: sawah) bukan hal biasa. Bisa dibayangkang ketika harus mengurus lahan sawah seluas 1000 m2 dengan tidak ada partner.

 Lahan yang sudah selesai diolah dan dibedeng.

 Tentang pekerjaan sih bisa menggunakan petani. Tapi semangat tak kalah saing dalam kebutuhan, bahkan ikutan jadi kebutuhan utama. Kadang saya iri dengan teman-teman di Teknik Kimia, mereka penelitian itu berpartner, skripsi tugas akhir juga demikian. Memang dari akademik mereka sudah menjodoh-jodohkan mereka untuk berpartner. Jadi mereka bisa sharing, diskusi, dan menggalau bareng disaat susah dan senangnya saat mengerjakan. fufufufu (-___-). 

Ikhlas tidak ikhlas semua harus berjalan, dan semua harus diselesaikan. Gemuruh rasa malas yang terdengar harus dinikmati dengan suka dan ceria :). "seneng ya mas, wes ndelo'i tandurane do thukul ijo-ijo ngene?!!" (red: seneng ya mas kalau sudah melihat tanamannya tumbuh hijau-hijau begini?!!). Yap.. Rasa lelah yang begitu membuncah terbayar dengan melihat hijaunya lahan sawah yang beberapa hari sebelumnya hanya berupa tanah.

Black soybean yang masih kecil, 7 hst.

 Tanaman yang masih terlihat kecil-kecil.

Ini tanaman saya lagi diobatin pestisida.

Senangnya ngeliat tanaman ijo royo-royo begini yah :)

Sore tadi saya ditemani teman saya (Lukman) ngangkut black soybean yang sudah di prosesing dari rumah Pak Wig. sudah dalam keadaan bersih, berarti tinggal dikeringkan sampai kadar airnya < 10%. Yaap, rasa senang tentu ada. Penelitian di lahan sudah selesai. Tapi, saya harus segera menguji kualitasnya di laboratorium. Yap, butuh disiplin dan ketekunan untuk mengerjakan ini. Kalau benih keringnya sudah < 10% harus segera mungkin untuk dikecambahkan (Uji kualitas) karena kalau tidak kualitas akan menurun. Oops, banyak kerjaan selanjutnya setelah berakhirnya ini. Kerjaan Lab, rekap data, analisis data, ngedraft, merpus (nongkrongin perpus), rajin baca, banyak belajar, semangat berdoaa.. semuanya deh. Berakhir untuk memulai. Wish me luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D