Sabtu, 26 November 2011

Islamic New Year 1433H

Rasanya lama banget ya, gak ngupdate postingan blog saya ini. Fyuh!! ini karena kerjaan study saya yang sedikit harus menguras tenaga, energi, dan fikiran --haha. Sebenernya ada beberapa niatan buat nulis cuma masih pengen mengistirahatkan otak saya sejenak buat refresh dari kepenatan beberapa hari kemaren saya harus melakukan analisis data penelitian yang di kejar dosen harus segera selesai. Dan Alhamdulillah, tepat sore kemaren saya menyelesaikannya dan sudah saya kirimkan via email ke Ibu Dosen saya yang baik hati itu :), semoga beliau dimudahkan menyelesaikan laporan proyeknya segera --hihi.

Baiklah, dipostingan kali ini saya hanya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru  Islam 1433H. Semoga kita dapat melakukan hijrah kepada kebaikan dan meninggalkan segala keburukan yang kemaren masih kita lakukan. Ahlan wa Sahlan Syarul Harom :)


Ini saya bagi sedikit pesan yang masuk dalam ponsel butut yang sudah minta dipensiunkan, hoho. Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang berikan kemulian oleh Allah didalamnya, selain bulan Ramadhan. So, mari kita perbanyak amalan dibulan yang mulia ini :

1. Menghindari perang / pertumpahan darah.

dalam QS. At Taubah : 36 dijelaskan "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri (dengan melakukan perang) kamu dalam empat bulan itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

2. Memperbanyak amalan sholih

Banyaklah amalan sholih yang bisa dilakukan. Banyak bersedekah, menolong orang lain, peduli dengan masalah yang sedang dihadapi kawannya, mendengarkan keluh kesah saudaranya, meringankan beban orang-orang yang sedang mengalami masalah. Hal sekecil apapun, misalnya menyingkirkan duri, membuang bungkus permen pada tempat sampah. Insya Allah jika itu dilakukan dengan niatan karena Allah, maka itu akan menjadi amalan-amalan kecil yang mengantarkan kita ke Syurganya Allah swt.

3. Melakukan hijrah (Muhajir)

Karena bulan ini disebut sebagai bulan hijrah. Muhajir adalah orang yang meninggalkan larangan Allah (HR. Bukhori). Meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan di waktu-waktu sebelumnya merupakan hijrah. Supaya kita tergolong sebagai orang-orang yang beruntung, karena orang yang beruntung adalah orang-orang yang hari ini lebih baik dari hari kemaren dan hari esok lebih baik dari hari ini. Intinya adalah pada perbaikan diri secara personal untuk menuju perubahan sosial maupun perubahan level dunia.

4. Perbanyak puasa sunnah

Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadhan adalah berpuasa di bulan Allah, Muharram (HR. Muslim). Banyak sekali puasa sunnah yang bisa kita lakukan. Dari yang periode bulanan, puasa bidh (puasa setian terjadi bulan purnama, tanggal 14, 15, 16 setiap bulan hijriah), periode mingguan ada puasa senin kamis, atau periode harian, puasa nabi Daud (sehari puasa sehari enggak).

Yaps, semoga Allah menjadikan kita lebih baik di tahun ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D