Jumat, 13 April 2012

Owh, jurnalistik begitu?!!

Aggrrrrrhh~ berurusan dengan dunia jurnalistik adalah hal bagiku ribet banget, kefahaman benar-benar harus dikedepankan. bersiasah harus jago, harus kristis dalam membaca situasi dan kondisi. ya, beberapa hari ini aku mencoba memulai perjuangan ini mau tidak mau. bagiku, yaudah lah dinikmatin aja!! kalo kata mas Panji (senior) :
"dibikin enjoy dulu aja kalian disana! lama-lama kalian akan bangga juga dengan keberadaan kalian disana!! kalo dipikir capek pasti capek, kalo dipikir males pasti males banget udah angkatan tua masih aja ngurusin beginian. tapi, anggep aja ini amanah terakhir di kampus. dan insyaallah siapa tau dengan seperti ini jalan kita akan dimudahkan entah tar dapet beasiswa lah, cepet dapet kerja lah... pokoknya yakinlah pertolongan Allah akan datang dari arah manapun"
hanya bisa nunduk dan mengamini dalam hati. hari ini diskusi dengan mas Panji dan mbak Niefa sepasang suami istri pengantin baru yang kebetulan berdua dulu sama-sama di BIMO. kebetulan juga beliau-beliau sedang di Jogja, kita pun minta sharing berharap mendapatkan tauris sebagai bekal kami mengemban amanah baru ini. memang tidak direncanakan, awalnya tadi pagi cuman SMS kalo masih punya file-file BIMO yang dulu mau minta, eh dibilangin kabatulan lagi di Jogja, yaudah diputuskan janjian. dan file-file yang kami minta pun entah lupa atau gimana, jadi cuma ngobrol-ngobrol seperti biasa yang seperti biasanya. yah! mungkin itu yang memang terjadi. semua berjalan mengalir saja, dan gak tau nanti. atauuu.... gak tau lah >__<

kamis kemarin (12/4) aku mencoba sharing ke si fit~ yang aku anggap dia lebih punya pengalaman di lembaga pers mahasiswa. lebih tau tentang dunia pers/jurnalistik dan pengelolaannya. meski agak idealis memang ketika kami pengen yang bener-bener muluk-muluk seperti lembaga pers mahasiswa yang sudah profesional itu. tapi si fit~ sedikit menjelaskan gambaran untuk memulainya.

dalam media pers kita harus mengedapankan unsur-unsur jurnalistik yang ada. ya, ada kode etiknya dalam dunia jurnalistik. ya gak usah muluk-muluk dulu harus seperti apa! yang penting kualitas dan konsisten dulu. "kalo kita bisanya baru nerbitin satu lembar laporan utama doang ya gak masalah, asal itu digarap bener-bener. sumber beritanya jelas. didapetnya langsung dari sumbernya. jadi bisa dipertanggung jawabkan! gak asal comot data yang didapet di internet!" jelas si fit~ saat dikantin itu.

sejenak waktu itu aku berfikir, owwhh.. berarti media gak asal terbit-terbit aja apapun tulisan asal dimasukin. tapi benar-benar apa yang kita sampaikan harus berbasis dengan data. dan ketika kebanyakan media LDK dan LDF itu isinya hanya begitu-begitu saja hanya sekedar opini, atau kutipan fatwa, atau sekedar sastra (puisi, cerpen, dll) itu mah dibikin satu orang juga cukup! "harusnya bisa lebih dari itu!" tambahnya  owhh~ aku semakin memahami kalo pers mahasiswa itu harus banyak reportase, ngeliput, ngambil data, wawancara, bla..bla..bla..

okee, aku harus memulainya detik ini!!
harus dibangun soliditas tim dari awal, harus ada kefahaman bersama dulu, harus ada komitmen didalamnya, harus siap kerja keras dengan deadline-deadline yang ada. yaa.. perjuangan akan dimulai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D