Selasa, 11 Maret 2014

Your Message, 2 Years Ago

foto lebaran terakhir mama (2011)
dulu. hari ketiga setelah mama tidak ada, saya mimpi (entah yang seperti ini gimana secara syariat) mama datang ke rumah. menemui saya untuk pamit dan menyampaikan pesan terakhir untuk saya dan keluarga. rasanya mimpi itu memang tak seperti mimpi biasa. ah entah. bisa jadi hanya sekedar bunga tidur saja, karena terlalu rindu dan belum siap berpisah. semua serba mendadak. pagi hari, satu jam sebelum beliau jatuh sakit dan satu jam berikutnya tidak sadar (koma), saat pamit ke jogja, mama sehat-sehat saja. ternyata itu jadi percakapan terakhir kami.

terlebas dari benar atau salah tentang mimpi itu, saya tidak mengabaikan juga. pesannya bagus dan tidak neko-neko. andai saja benar, mungkin beliau datang ingin pamitan untuk terakhir kalinya. supaya saya tidak bertanya-tanya lagi "kenapa?". empat wasiat itu, saya diminta segera menyelesaikan kuliah, kedua segera bekerja setelah lulus, kemudian segera bangun rumah sendiri, dan menikah. saya sempet menanyakan tentang dimana saya harus bangun rumah, beliau menjawab di rumah yang sekarang. aah.. 
-__-

selain berpesan untuk saya, saya menanyakan juga pesan untuk keluarga. dan pesannya sangat masuk akal, meski normatif. tentang mendidik anak-anak, berlaku pada suami, berumahtangga, dan bersosialisasi.

bagi saya mama itu katalisator di rumah. aah semuanya deh. tumpuan beban-beban keluarga. tapi pasca itu kami tersadarkan, terlebih saya jadi belajar banyak tentang hidup mandiri, tentang hidup. kita harus menjadi orang yang kuat, dan selalu bermanfaat untuk orang lain.

dan semalam saya mimpiin beliau lagi. mimpi tiduran dipankuannya, seperti yang biasa saya lakukan dulu. entah, bisa jadi karena merindukannya. semoga kita bertemu di surga, maa.. 

hari ini 11-03-2014 tepat dua tahun saya dipisahkan dengan malaikat di dunia ini. :( Allahuyarham..

semoga Allah melapangkan kuburnya. menerangi dengan cahaya kemuliaan. dan memberikan surga untuknya. aah, semoga saya bisa menjadi anak kebanggaannya. meneruskan cita-cita luhurnya. dan terus mendoakannya.


***
ditulis dengan soundtrack lagu 'mother how are you today?' --was writen by May, Alice.

Mother, how are you today?
Here is a note from your daughter.
With me everything is ok.
Mother, how are you today?
Mother, don't worry, I'm fine.
Promise to see you this summer.
This time there will be no delay.
Mother, how are you today?

I found the man of my dreams.
Next time you will get to know him.
Many things happened while I was away.
Mother, how are you today?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D