Jumat, 22 Maret 2013

Adaptasi dengan Nasi Tumpang Pecel, Makan Wajibnya Orang Kediri


Hari ini, sekitar satu setengah bulan saya berada di Kediri. Kota yang jaraknya kira-kira enam jam dari Klaten. Ya, lumayan jauh lah :) *parameter Jawa*. Banyak cerita, jarak yang sebenarnya hanya berapa jengkal saja ketika dibandingkan dengan parameternya orang-orang luar jawa seperti sumatra, sulawesi, ataupun yang lain lah, jarak enam jam adalah jarak yang dekat (lumayan). Tapi luar biasa, hanya beda berapa jam jarak tempuh saja banyak hal yang berbeda. Luar biasa kebhinekaan Indonesia kita :)

Nah, saya bagi cerita awal-awal saya di kota rantau ini. Tentang masalah lidah dan perut :) hehe. Kalau cerita mbakyus (asli magetan, jatim) rekan KKN dulu yang sempet ngobrol dalam pesan singkat di handphone, "masalah syndrom lidah pasti terjadi Riw, dulu awal kuliah juga gitu aku. silakan dinikmati di jawa timur :)" Jawa timur yang rerata makanannya pedes, agak menyusahkan saya yang bermasalah dengan urusan pencernaan dan nggak doyan pedes.

Yeah! meski sekedar obrolan ringan kadang bisa jadi obat rindu kampus, jogja, rekan-rekan, dan rindu cerita-cerita lama. Membunuh kejenuhan saya di kota agak nyempil yang agak susah cari jalur kereta untuk pulang ke rumah orangtua.

Ini ceritanya dulu di awal-awal. Hemm, saat itu tepat hari ke-5 saya menempati kosan baru di Kediri. Ya sebagai orang baru dan anak kost, pertama dicari salah satunya pasti tempat makan. Yah, kalopun mau masak juga banyak pertimbangan, alat masak, waktu, dsb.

Hari ke-1 :
Saya makan malem pake nasi goreng (ya masih miriplah dengan jogja, nasi goreng tektek. Tapi disini buka lapak di pinggir jalan, bukan keliling. agak beda rasanya di lidah. saya pesen tidak pedes. Alhamdulillahnya bisa ^o^)

Hari ke-2 : 
Saya makan malam di tempat yang sama dengan menu yang berbeda, mie nyemek. Macam bakmi godok jawa perpaduan rebus dan goreng. Di Jogja ada di pinggir jalan Sagan. Ya lagi-lagi pesen tidak pedes. Keinget kalau makan sama Lukman pasti kena omel kalo coba-coba pake pedes, ujungnya nyusahin dia soalnya ;p

Hari ke-3 :
Hari ini saya ketinggalan sama Andri (temen kosan satu-satunya, dia kelas 3 SMA yang dua hari ini makan bareng). Ketinggalan gegara ketiduran dari menjelang maghrib. Kebangun sudah jam 19.05 dengan beberapa SMS masuk. Salah satunya dari Andri, nanya mau ikut makan apa enggak. 

Yeah, saat itulah saya pertama kalinya nyari makan sendiri. Untung bawa sepeda dari kantor (sepedanya mirip sepeda kampus), lumayanlah bisa gowes daripada jalan kaki. Muter-muter akhirnya nemu lesehan yang lumayan rame, ternyata menunya nasi pecel tumpang yang biasa diceritakan simbah kost setiap ngajak cerita. Fiyuh, menu super pedes, dan nggak ada lauknya. Saya pesen satu porsi dibungkus untuk dimakan di kost, ½ botol air minum 1500ml habis hanya untuk makan itu makanan. Karena pedes.

Saya kenalin menu yang baru saya kenal juga nih, nasi tumpang itu mirip nasi pecel. Ada nasi, sayuran yang direbus (biasanya daun pepaya, touge), ada sayur mentahnya kemangi yang dicampur lamtoro, terus disiram kuah (sambel) yang terbuat dari tempe yang ditumbuk lembut, terus ada peyeknya. sekilas mirim seperti sambal pecel gitu lah. Nah, kadang orang makan ada yang pesen dicampur = nasi tumpang pecel.

Kayak ini nih :)


Hari ke-4 :
Sy nggak makan malam, hujan-males-ngantuk. Alhasil ketiduran. Bangun jam 21.02 ngerasa laper sih, tapi karena ngantuk saya niatin makan besok paginya aja. Kunci pintu tidur lagi.

Hari ke-5 : 
Hari ini libur, hari minggu. Saya niatin muter-muter cari sarapan di sepanjang jalan yang bisa dijangkau pakai sepeda. Akhirnya nemu warung pinggir jalan gede, awalnya saya sih mikir mungkin disitu biasa buat makan supir-supir truck atau bapak-bapak gitu. Tapi pagi ini yang membuat saya tertarik makan disitu, karena ada ada orang perawakan sebaya seumuran saya, dengan style rapi gaya mahasiswa gitu. Aha mungkin ini warung rekomendedlah. Tapi ternyata tidak jauh berbeda. menunya hanya nasi pecel dan nasi tumpang, atau bisa dicampur. grr~ sarapan pedes lagi saya!

Cerita simbah kost, disini menu makan yang dijajankan paling-paling seputar itu saja. Pecel. Tumpang. Apalagi menu sarapan paginya, yang banyak ditemui hanya warung-warung yang jualan menu itu. Mungkin kalau di Jogja menu paginya nasi kuning yang banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan, beda dengan Klaten nasi gudangan :)

Tidak hanya nasi tumpang, nasi pecel, menu-menu lain memang disini dominan rasa pedes. Mungkin lama-lama perut saya resisten juga dengan rasa pedes. Meski begitu, saya tetep kudu hati-hati lah dengan perut sensitif saya ini.

Nah, itu ceritanya. Tentang adaptasi saya dengan nasi tumpang pecel. Menu makan wajibnya orang kediri.



booskecil
hhe .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada baiknya setelah membaca, meninggalkan pesan :D